Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta dan Opini

Fakta (bahasa Latin: factus) ialah segala sesuatu yang tertangkap oleh indera manusia. Catatan atas pengumpulan fakta disebut data. Dalam istilah keilmuan, fakta adalah suatu hasil observasi yang objektif dan dapat dilakukan verifikasi oleh siapa pun.

Fakta dapat berupa benda, peristiwa, atau sesuatu yang sungguh-sungguh ada atau sungguh-sungguh terjadi. Bila benda, peristiwa, atau kejadian itu hanya ada dalam pikiran, pendapat, atau gagasan, itu bukanlah fakta melainkan opini. Biasanya fakta merupakan jawaban atas pertanyaan: apa, siapa, kapan, di mana, dan mengapa.

Opini terdiri atas kegiatan verbal dan nonverbal yang menyajikan citra dan interpretasi individual tentang objek tertentu, biasanya dalam bentuk isu yang diperdebatkan orang. Opini merupakan efek dari kebebasan dalam mengungkapkan ide-ide dan pendapat. Opini biasanya merupakan jawaban atas pertanyaan bagaimana.

Tajuk rencana adalah rtikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yangs edang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana biasanya mengungkapkan informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, serta harapan redaksi akan peran serta pembaca.

Ciri-ciri tajuk: -berisi opini redaksi tentang peristiwa yang sedang hangat dibicarakan -berisi ulasan suatu masalah yang dimuat -masalah yang diulas biasanya berita berkala nasional, sedangkan berita internasional dapat menajdi tajuk rencana, apabila berita tersebut memberi dampak pada nasional.

Sumber: sukses membidik ujian nasional bahasa indonesia, penerbit: Pelita Insani Semarang.

Post a Comment for "Fakta dan Opini"