Mata Kuliah Hubungan Internasional



PROGRAM
Pada dasarnya ilmu hubungan internasional adalah sebuah disiplin yang bersifat multidisipliner, yang relatif muda (dibandingkan dengan disiplindisiplin lain dalam ilmu-ilmu sosial). Berdasarkan pemahaman umumnya, ilmu hubungan internasional merupakan suatu kajian yang mempelajari interaksi antar aktor-aktor dalam hubungan internasional pada berbagai aspek kehidupan (seperti politik, ekonomi, pertahanan keamanan, sosial budaya, lingkungan hidup).

Tujuan akhir program pendidikan ilmu hubungan internasional ini antara lain menghasilkan lulusan yang minimal menguasai teori-teori dasar dalam ilmu hubungan internasional, sehingga mampu mengindentifikasi, menjelaskan (termasuk menguraikan) berbagai fenomena hubungan internasional yang ada, bahkan dapat pula membuat prediksi. Hal itu semua akan tercapai bila lulusan Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasional mampu mengaplikasikan berbagai pengetahuan teori yang diperolehnya ke dalam kasus-kasus yang hendak dijelaskannya, baik masalah-masalah konvensional maupun masalah-masalah non konvensional.

Dengan bekal kemampuan tersebut, maka program sarjana reguler ilmu hubungan internasional sendiri, langsung maupun tidak langsung, akan semakin mampu mengembangkan diri sebagai sebuah institusi keilmuan ke arah yang lebih maju, di samping terus-menerus memenuhi kebutuhan praktis masyarakat. Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasional sebagai sebuah lembaga mempunyai peranan yang vital dalam mengembangkan disiplin hubungan internasional, namun tetap bercirikan keindonesiaannya. Pengembangan tersebut antara lain diupayakan melalui berbagai aktivitas Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional sebagai salah satu perangkat penting program sarjana reguler ilmu hubungan internasio-nal dalam melaksanakan misi pendidikan-nya (seperti penelitian, pelatihan, dan penerbitan jurnal ilmiah).

Berdasarkan hal tersebut, selain menghasilkan lulusan yang unggul secara akade-mis di bidang ilmu hubungan internasional, Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasional juga mengembangkan keahlian terapan yang berguna untuk berbagai bidang pekerjaan di pemerintahan, media massa, lembaga penelitian, konsultan dan usaha swasta lainnya. Guna mencapai hal tersebut, maka Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasional dalam rencana pe-ngembangan program pendidikannya, senantiasa berupaya mengintegrasikan kurikulum pendidikannya dengan kuri-kulum tingkat lanjutan (S2 dan S3). Salah satu upaya tersebut telah dimulai dengan melakukan penyamaan orientasi pengembangan pendidikan tinggi.

Orientasi pengembangan pendidikan yang dianggap sangat relevan dengan perkembangan zaman saat ini adalah suatu arah pedoman penyelenggaraan pendidikan ilmu hubungan internasional yang mengikuti kecenderungan perkembangan hubungan internasional yang sedang ber-laku saat ini, yaitu kecenderungan ber-kembangnya hubungan ekonomi politik internasional dan kecenderungan hubung-an politik strategik internasional. Kedua kecenderungan ini tetap relevan pada era Milenium III, sehingga Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasional memandang perlu mewadahinya melalui pembentukan konsentrasi-konsentrasi pada kurikulum program pendidikannya. Konsentrasi ter-sebut adalah (1) Ekonomi Politik Intrerna-sional, dan (2) Pengkajian Strategik dan Diplomasi.

Dalam kurikulum program pendidikannya, masing-masing konsentrasi tersebut memberikan pengetahuan dasar yang memadai untuk bidangnya masing-masing. Selanjutnya dalam kurikulum pendidikan magister, pengetahuan pada masing-masing konsentrasi ini akan dipelajari secara lebih mendalam. Dengan demikian pada akhirnya seluruh pengetahuan yang diberikan oleh Program Sarjana Ilmu Hubungan Internasional (melalui program-program pendidikannya) dapat mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu menghasilkan suatu kualitas lulusan ilmu hubungan internasional yang handal dan mampu bersaing di tingkat lokal, regional dan bahkan dunia internasional.


MATA KULIAH
Sejarah Dunia Moderen
Memberikan pandangan umum tentang perkembangan politik, ekonomi dan militer serta ilmu pengetahuan yang berkembang di berbagai kawasan dunia sejak 1945. Perhatian khusus akan diberi-kan pada perkembangan di Asia Pasifik juga sangat mengandalkan minat dan pengetahuan mahasiswa terhadap peta dunia.

Politik Luar Negeri RI
Memahami hakekat politik negeri Indonesia (kebijakan dan realisasi kebijakan). Pokok pembahasan meliputi sejarah perkembangan politik luar negeri Indonesia, (garis-garis besarnya yang berdasarkan Pancasila, UUD 45, GBHN, determinan-determinan pelaksanaan politik luar negeri Indonesia, serta ketahanan nasio-nal Indonesia), perkembangan proses pembentukan politik luar negeri (termasuk aktor-aktor yang berperan dan “pertarungan politik” dalam pembuatan politik luar negeri di Indonesia.

Pengantar Ilmu Hubungan Internasional
Membahas latar belakang sejarah per-tumbuhan ilmu hubungan internasional, ruang lingkup dan sasaran perhatiannya, bidang-bidang pengkhususannya, sistem, tatanan dan proses hubungan antar negara dan antar bangsa dari abad 19 hingga sekarang, serta perkembangan hubungan internasional di Indonesia.

Politik Internasional
Membahas politik internasional sebagai kegiatan sentral dalam pergaulan interna-sional modern. Pokok pembahasan me-liputi perkembangan sistem internasional berdasarkan negara kebangsaan, mazhab-mazhab utama dalam pemikiran politik internasional, keberhasilan diplomasi, persekutuan dan perimbangan kekuatan dalam percaturan politik masa lampau dan sekarang.

Teori Hubungan Internasional I
Membahas tentang filsafat teori dalam hubungan internasional, perkembangan berbagai pemikiran teoritis Hubungan Internasional (dari awal perkembangan hingga yang yang kontemporer). Termasuk dalam pembahasan adalah penjelasan tentang beberapa teori dan pendekatan klasik yang masih relevan, perbandingan teori hubungan internasional di Asia, di Barat dan di kalangan pemikir Indonesia.

Teori Hubungan Internasional II
Membahas tentang lanjutan teori-teori dalam pemikiran Hubungan Internasional terutama pemikiran-pemikiran dari teortisi kontemporer. Pembahasan yang ada mendalami pemikiran teoritis dilihat dari aspek-aspek yang ada seperti teori ekonomi politik internasional, teori politik internasional, teori pengakajian strategis, teori politik luar negeri dan diplomasi.

Diplomasi Moderen
Membahas dasar-dasar pemikiran dan praktek diplomasi klasik dan masa kini di negara-negara Barat dan Asia, pengaruh kemajuan teknologi dan perekonomian dunia, prinsip-prinsip diplomasi konferensi, bilateral maupun multilateral, diplomasi perjuangan, serta kualifikasi pengetahuan dan ketrampilan dalam profesi diplomasi.

Ekonomi Politik Internasional I
Membahas pemahaman dasar tentang hubungan antar negara bangsa dilihat dari aspek ekonomi politik internasional. Pembahasan tersebut meliputi dasar-dasar pengetahuan tentang perdagangan internasional, dan ekonomi moneter internasional (termasuk pemahaman tentang struktur, proses dan dinamika perdagangan, investasi, keuangan dan moneter internasional).

Hubungan Internasional di Timur Tengah dan Afrika
Membahas hakekat Timur Tengah dan Afrika (termasuk pentingnya hubungan di kawasan ini untuk dibahas. Dalam pembahasannya, Hubungan Internasional di Timur-Tengah dan Afrika dilihat dari berbagai aspek, seperti politik, ekonomi dan sosial-budaya, pertahanan (geostrategis). Dalam pembahasannya juga dibahas mengenai kecenderungan pola hubungan yang ada termasuk tentang keterlibatan negara-negara asing dalam dinamika kehidupan antar bangsa di Timur Tengah dan Afrika (seperti masalah Palestina dan konflik Timur Tengah yang berkepanjangan).

Sejarah Diplomasi Indonesia
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman tentang perkembangan diplomasi Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga era reformasi, baik kegiatan bilateral maupun multilateral sejak awal kemerdekaan Indonesia di forum internasional.

Ekonomi Politik Internasional II
Memberikan pengetahuan lanjutan tentang hubungan internasional di bidang ekonomi, dengan memberikan tekanan pada penguasaan pengetahuan teoritis ekonomi politik internasional (mulai dari klasik sampai kontemporer). Termasuk di dalamnya membahas hakekat (termasuk peran) organisasi ekonomi politik internasional dan perusahaan multinasional, serta pengaruhnya dalam hubungan internasional. Mata kuliah ini diwajibkan bagi peserta didik yang memilih konsen-trasi Ekonomi Politik Internasional.

Politik Global Amerika Serikat
Memberi pengetahuan dasar tentang pola-pola politik luar negeri AS pada masa perang dingin, faktor-faktor yang mempe-ngaruhi proses pembuatan politik luar negeri AS serta tantangan-tantangan baru yang dihadapi AS pasca perang dingin. Dibahas pula penerapan politik luar negeri dan strategi keamanan AS di wilayah Eropa, Timur Tengah, dan Asia pasifik.

Bahasa Inggris Hubungan Internasional
Memberikan pengetahuan berbahasa Inggris yang lebih baik, yang dibutuhkan oleh sarjana hubungan internasional ketika bersaing dalam dunia kerja. Materi yang diajarkan lebih diarahkan kepada kemampuan mendengarkan dan melakukan percakapan dalam diskusi/ perdebatan ilmiah, dan melakukan negosiasi/perundingan. Selain itu juga diberikan pengeta-huan menulis yang relevan dengan hal-hal tersebut.

Pengkajian Strategik
Memperkenalkan sejumlah konsep studi strategis dalam hubungan internasional. Pokok pembahasanya adalah strategi klasik yang masih bertumpu pada strategi militer murni, sampai pada strategi modern yang intinya masalah perang dan damai adalah tanggung jawab seluruh bangsa. Dengan munculnya persenjataan nuklir, maka dibahas pula pemikiran strategis tentang tujuan penggunaanya, dan kaitanya dengan masalah keamanan regional.

Hubungan Internasional di AsiaTenggara
Membahas faktor dalam dan luar negeri yang menentukan interaksi antar negara-negara ASEAN dan Indocina, ciri-ciri khusus dengan hubungan internasional negara Indocina dengan negara-negara besar, kepentingan dan keterlibatan negara adikuasa di kawasan ini, usaha ASEAN dan Indonesa menciptakan kawasan Asia Tenggara yang mandiri, serta peran khusus RRC dan Jepang di masa mendatang.

Masyarakat Internasional
Membahas tentang hakekat masyarakat internasional, melalui pemaham beberapa pemikiran tentang pengertian masyarakat internasional dan melalui perkem-bangan bentuk dan pola masyarakat internasional.

Politik Global Cina
Membahas kebijakan luar negeri Cina sejak tahun 1949. Pokok-pokok yang dibahas adalah pengenalan kerangka teoritis dan pendekatan-pendekatan yang berkembang dalam mengkaji politik luar negeri Cina, sejarah ringkas diplomasi Cina, serta perkembangan terakhir hubungan luar negeri Cina dengan Amerika, negara-negara di Asia, Dunia Ketiga maupun negara-negara bekas Uni Soviet.

Perang dan Damai
Memberikan kajian tentang konsep-konsep perang dan damai serta penerapannya terhadap studi kasus yang berkaitan, dengan munculnya konflik Internasional dan proses penyelesaianya. Mata kuliah ini diwajibkan bagi peserta didik yang memilih konsentrasi Pengkajian Strategik dan Diplomasi.

Hubungan Internasional di Asia Timur
Membahas berbagai aspek hubungan yang terjadi (sosial-budaya, ekonomi, politik dan pertahanan) yang terjadi di kawasan Asia Timur. Dalam pembahasan dijelaskan juga tentang hakekat Asia Timur, kecenderungan pola hubungan di antara aktor-aktor hubungan internasional di kawasan ini, dan dinamika yang terbentuk serta interaksinya dengan aktor-aktor dari kawasan lain. Selain menggunakan kerangka teoritis, pembahasan juga melihat aspek perkembangan sejarahnya.

Hubungan Internasional di Asia Selatan
Menjelaskan hakekat Asia Selatan (geo-kultural dan geopolitik) dan perkembang-an hubungan yang terjadi di Asia (dinamika dan pola-pola yang ada). Termasuk di dalamnya dijelaskan tentang interaksi antar aktor-aktor di kawasan ini dengan aktor-aktor di kawasan lain (misalnya dengan Cina, Eropa, Amerika Serikat, Uni Soviet atau Rusia).

Hubungan Internasional di Timur Tengah dan Afrika
Membahas hakekat Timur Tengah dan Afrika (termasuk pentingnya hubungan di kawasan ini untuk dibahas. Dalam pembahasannya, Hubungan Internasional di Timur-Tengah dan Afrika dilihat dari berbagai aspek, seperti politik, ekonomi dan sosial-budaya, pertahanan (geostrategis). Dalam pembahasannya juga dibahas mengenai kecenderungan pola hubungan yang ada termasuk tentang keterlibatan negara-negara asing dalam dinamika kehidupan antar bangsa di Timur Tengah dan Afrika (seperti masalah Palestina dan konflik Timur Tengah yang berkepanjangan).

Hubungan Internasional di Pasifik
Membahas dinamika interaksi antar aktor-aktor hubungan internasional di wilayah Pasifik, yang meliputi aspek politik dan pertahanan, sosial-budaya dan ekonomi. Dalam pembahasannya dilihat juga sejarah hubungan dan kecenderungan pola-pola hubungan yang terbentuk di kawasan ini (termasuk membahas struktur hubungan yang terjadi di kawasan ini).

Hubungan Internasional di Amerika
Membahas interaksi antar aktor-aktor hu-bungan internasional di kawasan Amerika (baik benua Amerika maupun di wilayah Kepulauan). Termasuk di dalamnya mem-bahas pola-pola hubungan yang terjadi di antara aktor-aktor tersebut (meliputi juga perkembangan sejarah hubungan yang ada), dasar-dasar pemikiran yang mendasari terbentuknya pola hubungan yang ada, dinamika hubungan antar aktor yang ada dan kecenderungan-kecenderungan yang terjadi.

Hubungan Internasional di Eropa
Memberikan pengetahuan dan analisis mendalam mengenai perkembangan sistem internasional di Eropa khususnya setelah terjadinya perubahan mendasar di wilayah Eropa Timur pada dasa warsa 90-an. Serta sejumlah prediksi mengenai perkembangan regionalisme Eropa, di masa mendatang (terutama pembentukan Uni Eropa) baik dari segi politik, ekonomi maupun keamanan.

Organisasi Internasional
Mata kuliah ini membahas hakekat orga-nisasi internasional, membahas jenis dan macam organisasi (misalnya yang bersifat global seperti LBB dan PBB, yang berperan sebagai organisasi militer dan ekonomi, yang bersifat regional, maupun yang berupa gerakan seperti GNB) dan forum kerjasama. Pembahasan juga meliputi penjelasan pada perkembangan berbagai organisasi, tujuan dan prinsip, fungsi dan peran serta dinamikanya dalam sistem internasional.

Hukum Internasional
Membahas tentang berbagai aspek hukum hubungan antar negara bangsa, dengan menekankan pada aspek hukum diplomatik, hukum pertahanan negara dan hukum-hukum yang berkaitan dengan penggunaan kekerasan.

Metode Penelitian Hubungan Internasional
Membahas tentang cara ilmu hubungan internasional diperoleh/disusun, yaitu melalui penelitian hubungan internasional. Dalam pembahasannya dijelaskan tentang hakekat ilmu hubungan internasional, perkembangan cara memperoleh pengetahuan hubungan internasional (perkembangan pendekatan penelitian dalam hubungan internasional), termasuk di dalamnya prinsip-prinsip dan prosedur baku dalam berbagai pendekatan penelitian tersebut.

Kapita Selekta
Merupakan matakuliah seminar bagi peserta didik yang mengambil Jalur Tamat Belajar Tanpa Skripsi (JTBTS). Dalam kuliah ini peserta didik dapat mendiskusikan berbahgai materi yang dibutuhkan bagi penyusunan makalah tugas karya akhir. Adapun materi yang disebirkan dalam mata kuliah ini disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan keilmuan yang ada.

Masalah-masalah Internasional
Memberikan berbagai pengetahuan yang baru dan non-konvensional dari Ilmu Hubungan Internasional. Hal perlu diberikan karena Ilmu Hubungan Internasional mengalami perkembangan yang pesat sejalan dengan cepatnya perubahan fenomena hubungan internasional yang terjadi. Materi yang diberikan disesuaikan dengan kecenderungan perkembangan keilmuan yang terjadi. Hal ini dilakukan karena di satu sisi begitu luasnya cakupan perkembangan hubungan internasional yang berubah, semnetara di sisi lain ada kendala sumber daya yang mampu menangkap, memahami dan mampu menjelaskan perkembangan yang berubah tersebut.

Jepang dan Negara-negara Industri Baru
Memberikan kajian terhadap keberhasilan negara-negara di Asia Timur dalam pembangunan yang telah mengubah konstelasi kekuatan ekonomi global dengan mencuatkan posisi ekonomi Jepang dan selanjutnya negara-negara industri baru (Korea Selatan dan Taiwan) sebagai kekuatan ekonomi dunia dewasa ini. Mata kuliah ini diwajibkan bagi peserta didik yang memilih konsentrasi Ekonomi Politik Internasional.

0 komentar:

 

sutrasurga © 2014 | Modified by Muhammad Kholilur Rohman

Thanks to: Sovast Extensions Wholesale, Sovast Accessories Wholesale and Sovast Hair Chica Blogger