Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas Back Office di Bank

Tugas Back Office di Bank
Back office memiliki fungsi sebagai pendukung operasional front office, yaitu memastikan proses yang telah dilakukan oleh front office telah sesuai dengan aplikasi nasabah dan telah dijalankan sesuai prosedur yang berlaku di bank.

Selain itu, back office operations juga berfungsi untuk menindaklanjuti beberapa transaski/aktivitas yang telah dilakukan oleh front office untuk kepentingan nasabah, misalnya penerusan transaski kliring, permintaan Kartu Debet/Kredit, penerusan pengaduan nasabah, pembukuan transaksi terkait biaya dan pendapatan, dan sebagainya.

Back office harus dapat melaksanakan fungsi pengendalian atas transaksi telah dijalankan di front office. Staff back office akan melakukan verifikasi transaksi yang biasanya dilakukan pada akhir hari.
  1. Secara garis besar aktivitas Back Office Operations yang terkait dengan Dana Pihak Ketiga meliputi: Penyelesaian transaksi pembukaan/penutupan rekening Tabungan, Giro dan Deposito, termasuk di dalamnya penerbitan kartu Debet/Kredit.
  2. Penyelesaian transaksi di Front Office, termasuk di dalamnya proses validasi, verifikasi, konfirmasi, rekonsiliasi, dan settlement.
  3. Penerusan transaksi kliring/RTGS. Penerusan pengaduan nasabah.
  4. Pelaksanaan end of period (Harian, Mingguan, Bulanan, Tahunan), termasuk pelaporan untuk kebutuhan internal maupun eksternal.
Sumber: Mengenal Operasional Perbankan 1, Ikatan Bankir Indonesia

Post a Comment for "Tugas Back Office di Bank"